28/03/09

Tips : Command Prompt di Setiap Direktori

Permasalahan
Setiap kali kita membuka Command Prompt melalui Start → Programs → Accessories → Command Prompt ataupun dengan mengetikkan perintah cmd pada shortcut Run..., maka secara default letak direktori kerja kita adalah C:\Documents and Setting\[Nama User]\.

Pada tulisan tips dan trik kali ini, akan dijelaskan bagaimana cara untuk membuka Command Prompt hanya dengan melakukan klik kanan pada suatu direktori, dan letak direktori kerja pada Command Prompt tersebut adalah direktori yang kita klik kanan sebelumnya. Memudahkan hidup bukan?

Solusi
Ada dua teknik untuk melakukan hal di atas, antara lain:

1. Mengedit Registry Windows
Yaitu dengan menambahkan suatu Key pada HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\Shell
2. Melalui Folder Option
Akan dijelaskan lebih lanjut

Untuk mempermudah pemahaman dan mengurangi risiko kerusakan Windows, maka teknik yang akan dijelaskan disini adalah teknik (2) Melalui Folder Option.

Langkah-Langkah
1. Pada jendela Explorer, pilih Menu Tools → Folder Option…
2. Pada jendela Folder Option, pililh Tab File Types
3. Pada daftar Registered file types, pilih File Type Folder dengan Extension (NONE)
4. Kemudian klik tombol Advanced
5. Pada jendela Edit File Type, buatlah Action baru dengan cara melakukan klik tombol New
6. Pada Form New Action, isi field Action dengan nama perintah yang akan tampil pada daftar menu klik kanan. Misalnya kita isikan “Buka Command Prompt” (tanpa kutip).
7. Pada field Application kita isikan dengan path Command Prompt yaitu:
C:\WINDOWS\system32\cmd.exe
atau dengan melakukan Browse
8. Dibagian akhir path (7) kita tambahkan string “%1” (dengan kutip). Tujuannya untuk mengeset direktori kerja kita dengan path direktori yang kita klik kanan-kan. Tanda kutip ditambahkan agar tidak terjadi error jika direktori yang kita klik kanan memiliki path berspasi, misalnya: C:\Documents and Setting\
9. Sehingga field Application diisi dengan:
C:\WINDOWS\system32\cmd.exe “%1”
10. Lakukan Apply terhadap perubahan yang sudah dibuat dan tutup jendela Folder Option, periksa apakah ketika melakukan klik kanan suatu folder, muncul daftar perintah baru yaitu “Buka Command Prompt”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar